Phone: -


Address: Majalengka

SEJARAH


SEJARAH SINGKAT SMA NEGERI 1 JATIWANGI

A. Tahun 1964–1965
Munculnya ide / gagasan pendirian SMA di Jatiwangi d
ari Masyarakat.  Pendirian SMAN di Jatiwangi harus memenuhi persyaratan, diantaranya harus ada guru PNS yang berdomosili di Jatiwangi. Maka muspika kecamatan Jatiwangi menghubungi tokoh di Jatiwangi yang bernama Bapak Sayet Hidayat, BA. Beliau waktu itu sebagai guru di Sekolah guru Kesegaran Jasmani ( SPKJ Cirebon).

B. 
1966 : 
Didirikan SMAN  Jatiwangi,
untuk sementara proses pembelajaran menempati bangunan SMPN 1 Jatiwangi, dengan sebagai pengajar dan pendiri Bapak Sayet Hidayat, BA.

C. 
1968  :
Setelah 2 tahun KBM SMA Jatiwangi menempati Lokal / bangunan SMPN 1 Jatiwangi, waktu itu Kepala Sekolah SMPN 1 Jatiwangi berkeberatan bangunannya dijadikan tempat KBM SMA Jatiwangi. Maka Bapak Sayet Hidayat,BA. Memindahkan KBM SMAN Jatiwangi ke Pendopo Kewadanaan Jatiwangi, tanpa berkonsultasi dulu dengan Muspika Jatiwangi. Waktu itu Bapak camat Jatiwangi kaget dan heran kenapa siswa SMAN Jatiwangi mengadakan upacara bendera di depan Pendopo Kewadanaan Jatiwangi. Karena kejadian tersebut, maka bapak Sayet Hidayat, BA. Dipanggil oleh Danramil dan Camat Jatiwangi, mempertanyakan anak-anak SMAN Jatiwangi mengadakan Kegiatan Upacara dan KBM di Pendopo Kewadanaan Jatiwangi. Bapak Sayet Hidayat waktu itu balik bertanya , justru muspika Jatiwangi yang mengusulkan adanya pendirian SMAN jatiwangi 
Bapak Sayet Hidayat, BA. Pada waktu itu minta bagaimana jalan keluarnya siswa SMAN Jatiwangi perlu tempat KBM, dan minta dukungan dari muspika Jatiwangi.

D. 1969  :
Hasil musyawarah Muspika Kecamatan Jatiwangi dan Pemerintah Desa Ciborelang, diberi tempat KBM dibangunan SDN Ciborelang yang bertempat di dusun Loji (sekarang).

E. 1969  :
Dengan kebaikan hati dan bantuan Komandan LANUD S Sukani (Bapak Kapten TUKIJO) dibangunlah 4 lokal untuk SMAN Jatiwangi dan sekaligus dibangun lapangan basket yang lapangan basket pertama di Majalengka. S
MAN 1 jatiwangi merupakan kelas jauh dari SMAN 1 majalengka dengan guru – guru juga dari SMAN 1 Jatiwangi.

F.  1978 s.d. Sekarang
SMAN Jatiwangi
resmi berdiri sendiri dan lepas dari SMAN 1 Majalengka dengan Kepala Sekolah Pertama Bapak OIP PLAWIRADIREJA,BA. Dan Wakil Kepala Sekolah Bapak Sayet Hidayat, BA.
Berdasarkan SK Pendirian SMAN Jatiwangi No.SK.0298/ 0/ 1978 tanggal 13 September 1978, tentang penegrian SMAN Jatiwangi TMT 01 April 1978 yang ditandatangani oleh Sekjen Depdikbud Bapak T. UMAR ALI a.n. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan                        SMAN Jatiwangi sekarang namanya SMAN 1 Jatiwangi Dari sejak berdiri sampai saat ini  sudah 12 (dua belas) Kepala Sekolah di  SMA Negeri 1 Jatiwangi, diantaranya adalah :



Adapun jumlah tenaga pengajar berjumlah 60 guru, terdiri dari guru tetap 54 orang, dan guru honorer (guru tidak tetap) berjumlah 6 guru, staf tata usaha berjumlah 21 orang terdiri dari 3 orang berstatus pegawai tetap dan 15 orang pegawai tidak tetap. Jumlah guru dan tata usaha selengkapnya sebagai berikut: