• SMA NEGERI 1 JATIWANGI
  • Where Tomorrow's Leaders Come Together

LAPORAN BEST PRACTISE

LAPORAN BEST PRACTISE

 

Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) untuk meningkatkan Motivasi belajar peserta didik dalam pelajaran Bahasa Inggris

Disusun oleh : Annas Noor Cholis

No. UKG : 201501007280 NIM : 2330102003

 

 

 

PPG Daljab Kategori 1 Angkatan 3 Tahun 2023

 

 

 

I.Judul

Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) untuk meningkatkan Motivasi belajar peserta didik dalam pelajaran Bahasa Inggris

 

II.Pendahuluan (Situasi)

Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) adalah model pembelajaran yang menggunakan proyek atau kegiatan sebagai media. Pada kegiatan pembelajaran Praktik lapangan topik Story Telling Narrative Text. Peserta didik sangat antusias dan tertarik mengikuti pembelajaran dari awal sampai akhir. Serta cerita Frozen di LKPD mampu mengasah kemampuan berpikir kritis peserta didik. Peserta didik bersemangat dalam menentukan analisis teks bacaan serta dapat mengidentifikasi, menjelaskan fungsi sosial, menyusun laporan dan mempresentasikan Narrative text dengan tepat. Berdasarkan hasil kegiatan proses pembelajaran inovatif pada peserta didik dikelas dalam kegiatan Praktik lapangan terdapat hal –hal baik atau manfaat yang didapat oleh keseluruhan peserta didik. Manfaat yang mereka dapatkan adalah peningkatan motivasi dalam pembelajaran. Dengan adanya peningkatan motivasi belajar tersebut berdampak positif pada sebagian besar peserta didik sehingga   mereka mampu mempresentasikan cerita dongeng dalam bentuk story telling teks Narrative dengan cukup baik. Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa terdapat manfaat dari inovasi pembelajaran yang sudah dilaksanakan dan penggunanaan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL)dengan metode diskusi dan tanya- jawab dapat membantu pendidik dalam meningkatkan motivasi, keaktifan dan berfikir kritis dari peserta didik.

 

III.Pembahasan (Tantangan dan Aksi)

Hal yang menjadi tantangan saat implementasi pembelajaran inovatif adalah memastikan proses pembelajaran peserta didik berjalan sesuai rencana yang telah ditetapkan. Pendidik menghadapi tantangan dalam memastikan proses pembelajaran inovatif berlangsung dengan baik terutama dalam memastikan jalannya tahapan secara urut dan maksimal pada model Project Based Learning (PjBL) serta sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan dan dirancang dalam modul ajar. Adapun tahapan pembelajaran model Project Based Learning (PjBL) adalah peserta didik diberikan stimulus tentang materi yang akan di pelajari dengan cara mengamati video tentang story of frozen, guru mengajukan pertanyaan berdasarkan video yang mereka lihat, guru menayangkan video tentang narrative teks lisan yang berbeda, peserta didik meyimak video yang diberikan, peserta didik melakukan presentasi dengan menceritakan kembali tentang video yang telah mereka simak sebelumnya.

Pada saat proses diskusi dan presentasi juga terdapat tantangan untuk memberikan gagasan, tanggapan, penyampaian materi, bertanya, menjawab pertanyaan. Masalah tersebut diatas terjadi dikarenakan kondisi gaya belajar peserta didik yang beragam serta minimnya pengalaman dalam mempresentasikan cerita dongeng story telling.

 

I.Kesimpulan (Refleksi)

Untuk memecahkan masalah yang dihadapi pada penerapan proses pembelajaran inovatif, pendidik harus menggunakan media yang inovatif dan menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik sehingga dapat mengatasi kendala keaktifan siswa dalam memberikan gagasan, tanggapan, penyampaian materi, bertanya, menjawab pertanyaan saat proses pembelajaran. Selain itu, Pendidik juga perlu menerapkan secara konsisten model pembelajaran inovatif dalam hal ini Project Based Learning (PjBL) dan metode inovatif untuk menghadapi kendala dalam melaksanakan setiap tahapan dalam Project Based Learning (PjBL) dengan maksimal. Manajemen waktu yang baik sesuai modul ajar dapat menjadi solusi dalam melaksanakan keseluruhan sintak PjBL dengan   cukup baik. Pendidik juga dapat melibatkan berbagai pihak yang terkait dengan tantangan yang dihadapi seperti; rekan sejawat, pimpinan disekolah, guru dalam komunitas MGMP, dll. Untuk mendapatkan feedback yang dapat diterapkan dikelas kedepannya. Pendidik perlu secara konsisten melaksanakan inovasi dalam proses pembelajaran untuk memfasilitasi kebutuhan peserta didik sehingga tercipta proses pembelajaran yang positif bagi perkembangan pengetahuan dan keterampilan peserta didik.

II.Daftar Pustaka

Dewi, H. (2016). Project based learning technique to improve speaking skills. English Education Journal, 7(3), 341–359

Purnomo, E. A., & Mawarsari. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Model Pembelajaran IDEAL Problem Solving Berbasis Project Based Learning. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 1, 24–31.

YD, Anggorowati. 2023. Penggunaan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Untuk Peningkatan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Materi Narrative Text Reading Siswa MPLB SMK       Negeri   3          Linggabuana. https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/awtjhpsa/article/view/1376/1210

 

 

Rencana Tindak Lanjut

Berdasarkan hasil refleksi LK 3.1 serta saran dan masukan dari Dosen Pembimbing, guru pamong dan rekan-rekan peserta PPG, Rencana Tindak Lanjut setelah kegiatan ini saya jabarkan dalam tabel berikut:

 

 

 

Lampiran-lampiran

Berikut ini saya lampirkan link video pengenalan sekolah tempat saya mengajar dan link video kegiatan PPL 1 dan 2 yang telah saya lakukan:

  1. Link Video full menit PPL 1 https://drive.google.com/file/d/13feXh3vUaQCxyV0XkXFzkWhcaMEg8iaE/view? usp=drive_link

 

  1. Link Video edit 30 menit PPL 1 https://drive.google.com/file/d/13feXh3vUaQCxyV0XkXFzkWhcaMEg8iaE/view? usp=drive_link

 

  1. Link Video full menit PPL 2 https://drive.google.com/file/d/1-w81SvHniFCEjUoScWNrB- 3ULkBjCkiz/view?usp=sharing

 

  1. Link Video edit 30 menit PPL 2 https://drive.google.com/file/d/1RKcO8ugg_qyjRTWuZ_CtIHSJkGG88h1w/view? usp=sharing

 

Tulisan Lainnya
PENGUMUMAN TES TERSTANDAR

Assalaamu’alaikum Wr. Wb. Kepada seluruh Calon Murid Murid Baru (CMB) yang mendaftar dijalur Prestasi SPMB 2025 Tahap 2 dengan pelihan 1 SMAN 1 Jatiwangi, bahwa “Tes Ters

02/07/2025 16:40 - Oleh Administrator - Dilihat 433 kali
Tes Terstandar SPMB pendaftar jalur prestasi SMAN 1 Jatiwangi

Assalaamu'alaikumuntuk mengingat CMB pendaftar jalur prestasi, bahwa jadwal "Tes Terstandar" di salah satu tanggal 3 atau 4 Juli 2025 (tgl dan sesi waktu ditentukan oleh sistem SPMB). J

25/06/2025 11:17 - Oleh Administrator - Dilihat 174 kali
PRA MPLS SMA NEGERI 1 JATIWANGI

24/06/2025 15:53 - Oleh Administrator - Dilihat 154 kali
PENGUMUMAN DAFTAR ULANG TAHAP 1

Assalamualaikum wr wb. Selamat siang Salam sejahtera   Kami ucapkan selamat kepada calon murid baru yang diterima di SMAN 1 Jatiwangi melalui hasil seleksi SPMB 2025 Tahap 1 di

19/06/2025 10:36 - Oleh Administrator - Dilihat 1171 kali
SPMB SMA NEGERI 1 JATIWANGI TAHUN AJARAN 2025/2026

SPMB SMA NEGERI 1 JATIWANGI TAHUN AJARAN 2025/2026

03/06/2025 12:54 - Oleh Administrator - Dilihat 822 kali
SK KELULUSAN SISWA/SISWI KELAS XII SMAN 1 JATIWANGI TAHUN PELAJARAN 2024/2025

SK KELULUSAN SISWA/SISWI KELAS XII SMAN 1 JATIWANGI TAHUN PELAJARAN 2024/2025 DOWNLOAD SK KELULUSAN     

05/05/2025 14:00 - Oleh Administrator - Dilihat 1408 kali
MEMPERINGATI ISRA MI'RAJ NABI MUHAMMAD SAW 1446H

11/02/2025 13:08 - Oleh Administrator - Dilihat 331 kali
MEKANISME DAFTAR ULANG PPDB TAHAP 2

Assalaamu’alaikum wr. Wb. Kami ucapkan selamat kepada Calon Peserta Didik (CPD) Baru yang diterima di SMA Negeri 1 Jatiwangi melalui Hasil Seleksi PPDB Tahap 2 Tahun 2024 . Untu

02/07/2024 20:16 - Oleh Administrator - Dilihat 2699 kali
MEKANISME DAFTAR ULANG PPDB TAHAP 1

Assalaamu’alaikum wr. Wb. Kami ucapkan selamat kepada Calon Peserta Didik (CPD) Baru yang diterima di SMA Negeri 1 Jatiwangi melalui Hasil Seleksi PPDB Tahap 1 Tahun 2024 . Untu

19/06/2024 08:59 - Oleh Administrator - Dilihat 2510 kali
PPDB SMAN 1 JATIWANGI 2024

30/05/2024 19:12 - Oleh Administrator - Dilihat 2972 kali